Manfaat Spirulina Untuk Tubuh Dengan Kandungan Lengkapnya

Manfaat Spirulina Untuk Tubuh

Apa itu Spirulina?

Manfaat Spirulina Untuk Tubuh – Jika Anda mencari tanaman yang dapat memberi nutrisi makan tubuh Anda dengan menyediakan sebagian besar kebutuhan proteinnya, dapat mencegah alergi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, spirulina adalah yang Anda butuhkan. Spirulina adalah alga alami (cyanobacteria) yang sangat tinggi protein dan nutrisi. Ini diperoleh terutama dari dua spesies cyanobacteria: Arthrospira platensis dan Arthrospira maxima. Tidak seperti tanaman lain yang tumbuh di tanah, Spirulina tumbuh dalam bentuk ganggang biru-hijau baik di air tawar maupun air asin di alam bebas. Hal ini juga komersial dibudidayakan di peternakan Spirulina. Nama itu berasal dari kata Latin untuk ‘heliks’, atau ‘spiral’, karena musim semi seperti karakteristik fisik.

Tanaman ini dikonsumsi sebagai makanan sekaligus suplemen makanan. Ini tersedia dalam bentuk tablet, bubuk dan serpihan. Selain dikonsumsi oleh manusia, juga digunakan sebagai suplemen pakan di industri akuakultur, akuarium dan unggas. Spirulina sebagian besar terdiri dari protein dan asam amino dan karenanya, bermanfaat bagi vegetarian. Kandungan protein dan zat besi yang tinggi membuatnya bermanfaat selama kehamilan, setelah operasi, dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena ini adalah makanan utuh yang terkonsentrasi, mudah tergabung dalam berbagai hidangan, terutama untuk anak-anak yang tidak menyukai sayuran.
Manfaat Kesehatan Spirulina:

Spirulina adalah “makanan super” yang memiliki nilai gizi luar biasa. Menjadi kaya akan nutrisi penting, tanaman ini menawarkan manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Pengobatan Alergi:

Menurut penelitian, Spirulina dapat membantu dalam pengobatan rhinitis alergi. Konsumsi Spirulina membantu dalam mengurangi gejala seperti pembuangan hidung, bersin, kemacetan dan gatal.

2. Menurunkan kadar Kolesterol Darah:

Spirulina mengurangi kadar kolesterol darah secara alami dan meningkatkan penyerapan mineral vital. Konsumsi beberapa gram Spirulina setiap hari bisa menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan memperbaiki rasio kolesterol. Normalisasi kolesterol ini berperan besar dalam pengurangan berat badan.

3. Menguntungkan Diabetes:

Dalam sebuah penelitian, diamati bahwa mengkonsumsi Spirulina sebagai suplemen diet selama 12 minggu menghasilkan penurunan kadar lemak dalam darah yang signifikan. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena mengurangi peradangan dan membantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol.

4. Bantuan dalam Berat Badan:

Spirulina kaya akan beta-karoten, klorofil, GLA asam lemak dan nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat bagi orang-orang yang kelebihan berat badan. Mengambil suplemen ini bermanfaat saat berpuasa, karena memasok nutrisi yang dibutuhkan untuk membersihkan dan menyembuhkan sistem Anda, sambil menahan nafsu makan Anda.

5. Mencegah Kanker:

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa Spirulina dapat menangkap perkembangan perkembangan kanker, mengurangi risiko inisiasi kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini adalah pengganti produk hewani karena mengandung bentuk protein khusus yang berasimilasi dengan baik. Tidak seperti protein hewani, tidak membebani tubuh Anda dengan produk limbah. Hal ini juga kaya akan phycocyanin, pigmen dengan sifat anti-kanker. Ini memperkuat kekebalan dan menghambat pembelahan sel berlebih. Spirulina juga menawarkan beberapa perlindungan terhadap kanker mulut.

6. Meningkatkan Fungsi Otak / Kognitif:

Folat dan vitamin B-12 memainkan peran penting dalam berfungsinya otak dan sistem syaraf sehat. Menjadi kaya akan nutrisi ini, Spirulina membantu melindungi fungsi kognitif saat seseorang mulai menua. Suplemen gizi ini membantu menjaga fungsi otak.

7. Menyembuhkan Depresi:

Spirulina adalah sumber asam folat yang baik yang memberikan nutrisi bagi otak dan mendukung produksi energi dan sel darah. Hal ini membuatnya bermanfaat dalam pengobatan depresi.

8. Kesehatan Mata:

Penelitian telah menunjukkan bahwa Spirulina bermanfaat bagi mata. Hal ini terbukti efektif dalam mengobati penyakit mata seperti katarak geriatrik, kerusakan retina diabetik (retinitis), kerusakan retina nefritis dan pengerasan pembuluh darah retina (angiosclerosis).

9. Pengobatan Ulkus:

Spirulina bertindak sebagai pengobatan ulkus lambung dan duodenum yang baik, berkat adanya asam amino, sistein dan kandungan protein berkualitas tinggi. Menjadi kaya akan klorofil, sangat bagus untuk mempertahankan dan memulihkan pencernaan yang baik.

10. Pengobatan Hepatitis dan Sirosis:

Laporan klinis menunjukkan bahwa Spirulina mencegah, juga penyembuhan, hati berlemak dan hepato-sirosis. Suplemen ini harus dikonsumsi paling sedikit satu bulan untuk mengetahui hasil yang bermanfaat.

11. Meningkatkan Vitalitas Seksual:

Kandungan protein yang tinggi di Spirulina, serta adanya vitamin, mineral dan enzim lainnya, membuatnya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan seksual.

12. Kesehatan Gigi:

Spirulina memiliki kandungan fosfor yang tinggi dan membantu memperbaiki gigi Anda.

13. Sifat antibakteri:

Ragi candida kronis bertanggung jawab untuk memburuknya gejala berbagai penyakit autoimun. Spirulina menjaga pertumbuhan berlemak candida di bawah kontrol dengan mendorong dan mendukung pertumbuhan bakteri sehat di perut Anda.

14. HIV dan AIDS:

Spirulina dapat menyembuhkan gejala yang merupakan efek samping dari pengobatan HIV dan AIDS. Ini juga membantu melumpuhkan virus imunodefisiensi manusia yang terkait dengan HIV dan AIDS.

15. Bermanfaat selama Kehamilan:

Spirulina memiliki kadar besi tinggi yang dibutuhkan selama kehamilan, terutama bagi mereka yang menderita anemia. Hal ini juga mencegah sembelit.

16. Kegunaan Spirulina Lainnya:

Spirulina memiliki sifat antimikroba yang bisa menghancurkan bakteri dan virus seperti HIV-1, enterovirus, cytomegalovirus, measles, gondok, influenza A dan herpes simpleks. Ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membuatnya menghasilkan lebih banyak monosit, sel pembunuh alami dan makrofag, yang semuanya menghancurkan patogen menyerang di tubuh.
skin benefits of spirulina

Manfaat Kulit Spirulina: Sarat dengan protein, vitamin, mineral dan asam lemak, Spirulina memiliki banyak hal yang ditawarkan dalam hal perawatan kulit. Hal ini bermanfaat untuk kulit Anda dengan cara berikut:

17. Toner Kulit:

Spirulina memiliki kandungan vitamin A, vitamin B-12, vitamin E, kalsium, zat besi dan fosfor yang tinggi, yang semuanya sangat penting untuk kesehatan kulit Anda. Radikal bebas membuat kulit Anda terlihat lelah, lemas dan lembek. Mengambil suplemen Spirulina secara teratur membuat keajaiban bagi kulit Anda, membuatnya terlihat kencang, muda dan vital. Ini juga memperlakukan kulit lembek dengan menghilangkan produk limbah metabolisme tubuh dan menguatkan tubuh secara keseluruhan.

18. Perlakuan Lingkaran Gelap:

Spirulina efektif dalam mengobati lingkaran hitam dan gejala mata kering. Efek detoksifikasi memberi energi dan kekuatan mata Anda, menghilangkan bayangan gelap dan kekeringan.

19. Manfaat Anti Penuaan:

Spirulina mengandung tirosin, vitamin E atau tocopherol, dan selenium, yang kesemuanya diketahui akan efek anti penuaannya. Tirosin memperlambat penuaan sel kulit. Antioksidan yang ada di dalamnya menghilangkan radikal bebas yang bertanggung jawab untuk penuaan kulit. Cobalah masker wajah ini untuk mencegah penuaan dini pada kulit dan melawan jerawat. Buatlah pasta dengan mencampur beberapa Spirulina dengan air dan oleskan di wajah Anda. Diamkan selama 20 menit dan bersihkan. Hal ini akan membuat kulit Anda luar biasa lembut dan halus serta mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput.

20. Detoksifikasi Kulit:

Spirulina memfasilitasi perputaran sel lebih cepat yang membantu penyembuhan kulit lebih cepat. Ini mencegah radikal bebas dan menghilangkan racun dari kulit untuk meningkatkan metabolisme kulit. Hal ini juga mencegah pertumbuhan berlebih candida yang bisa menyebabkan jerawat berjerawat.

21. Kuku Sehat:

Penggunaan Spirulina secara teratur mengobati punggung kuku dan masalah kuku lainnya. Spirulina mengandung 70% protein bernilai tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsinya selama sekitar 4 minggu bisa menyembuhkan masalah kuku dan kutil.

Manfaat Rambut Spirulina:

Spirulina banyak digunakan untuk mempromosikan pertumbuhan rambut dan untuk mengatasi masalah rambut seperti rambut dan kebotakan yang menipis. Spirulina mengandung asam amino, asam lemak esensial, vitamin A dan beta karoten, yang semuanya sangat bagus untuk rambut. Beberapa manfaat rambutnya adalah sebagai berikut:

22. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut:

Penggunaan Spirulina secara eksternal dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Selain konsumsi, alga ini digunakan sebagai ramuan shampo dan perawatan pengkondisian. Ini juga membantu pertumbuhan rambut kembali.

23. Perawatan Rambut Rontok:

Alopecia adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan rambut rontok pada tingkat yang mengkhawatirkan. Hal ini tidak hanya terbatas pada kulit kepala saja tapi juga menyebabkan rambut rontok di seluruh tubuh dan wajah. Hal ini bisa berakibat pada bintik botak, bahkan pada wanita, bahkan kebotakan. Spirulina bertindak sebagai obat alternatif untuk mencegah hilangnya rambut lebih lanjut dan memfasilitasi pembaharuan rambut.

24. Pengobatan Ketombe:

Spirulina bertindak sebagai senyawa antioksidan dan meminumnya selama 4 minggu membuat rambut Anda benar-benar bebas ketombe, berkilau dan lebih kuat.

Nilai Gizi Spirulina:

Spirulina adalah makanan super yang memiliki nilai gizi kaya dengan menggabungkan banyak vitamin, mineral dan asam lemak yang berkontribusi terhadap berbagai manfaatnya. Sebagai salah satu sumber makanan yang paling bergizi dan terkonsentrasi, makanan ini sering digunakan dalam makanan dan minuman alami, termasuk makanan dan minuman hijau, bar energi dan suplemen oral. Profil nutrisinya dijelaskan di bawah ini:
Spirulina (dikeringkan) Nilai gizi per 100 g (3,5 oz)
Prinsip Nilai Gizi
Energi 1,213 kJ (290 kkal)
Karbohidrat 23,9 g
Gula 3.1 g
Serat makanan 3,6 g
Lemak 7,72 g
jenuh 2,65 g
tak jenuh tunggal 0,675 g
tak jenuh ganda 2,08 g
Protein 57,47 g
Tryptophan 0,929 g
Threonine 2,97 g
Isoleusin 3.209 g
Leusin 4.947 g
Lisin 3.025 g
Metionin 1.149 g
Sistin 0,662 g
Fenilalanin 2.777 g
Tirosin 2.584 g
Valin 3.512 g
Arginine 4.147 g
Histidin 1,085 g
Alanine 4.515 g
Asam aspartat 5.793 g
Asam glutamat 8.386 g
Glycine 3.099 g
Proline 2.382 g
Serine 2.998 g
air 4,68 g
Vitamin equiv. 29 μg (4%)
beta karoten 342 μg (3%)
lutein dan zeaxanthin 0 μg
Tiamin (vit B 1 ) 2,38 mg (207%)
Riboflavin (vit B 2 ) 3,67 mg (306%)
Niacin (vit B 3 ) 12,82 mg (85%)
Asam pantotenat (B 5 ) 3,48 mg (70%)
Vitamin B 6 0,364 mg (28%)
Folat (vit B 9 ) 94 μg (24%)
Vitamin B 12 0 μg (0%)
Kolin 66 mg (13%)
Vitamin C 10,1 mg (12%)
Vitamin D 0 IU (0%)
Vitamin E 5 mg (33%)
Vitamin K 25,5 μg (24%)
Kalsium 120 mg (12%)
Besi 28,5 mg (219%)
Magnesium 195 mg (55%)
Mangan 1,9 mg (90%)
Fosfor 118 mg (17%)
Kalium 1363 mg (29%)
Sodium 1048 mg (70%)
Seng 2 mg (21%)

Vitamin: B-vitamin mengacu pada sekelompok vitamin yang larut dalam air yang dibutuhkan untuk produksi energi serta pembentukan sel darah merah. Spirulina adalah sumber vitamin B yang baik dan mengandung vitamin B-12 yang sangat tinggi. Ini juga mengandung vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (nikotinamida), B6 ​​(piridoksin) dan B9 (asam folat). Vitamin lain yang ditemukan di alga ini meliputi vitamin, vitamin, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin A. Tingkat vitamin E di Spirulina sebanding dengan kuman gandum dan memiliki vitamin B12 sebanyak 4 kali lebih banyak daripada tuas mentah.

Protein: Spirulina terdiri dari paling sedikit 60% protein. Penyajian 112 gram menyediakan sekitar 64 gram protein. 83% sampai 90% ini bisa dicerna karena, tidak seperti ragi dan klorella, ganggang ini tidak memiliki dinding selulosa. Ini memiliki rasio utiliti protein bersih tinggi (NPU) sebesar 53% sampai 61%. Rasio efisiensi protein tinggi (PER) Spirulina menunjukkan bahwa tubuh Anda efisien untuk menggunakan asam amino. Protein menghasilkan 15% berat tubuh dan merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan sehat.

Beta karoten: Beta-karoten adalah pigmen milik keluarga karotenoid dan dikenal luas karena sifat antioksidannya. Hal ini banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran, memberikan warna merah, oranye atau kuning kepada mereka. Setengah cangkir Spirulina kering mengandung sekitar 342 mg beta karoten.

Essential Fatty Acids: Asam lemak esensial juga dikenal sebagai lemak baik. Karena lemak ini tidak diproduksi di dalam tubuh, mereka harus diberikan dari sumber makanan yang mengandungnya. Fungsi utamanya adalah memproduksi prostaglandin yang mengendalikan fungsi tubuh seperti detak jantung, tekanan darah, kesuburan dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Spirulina mengandung 4% sampai 7% asam lemak esensial seperti asam gamma-linolenat (GLA), asam alfa-linolenat (ALA), asam linolenat (LA), asam stearidonic (SDA), asam eicosapentaenoic (EPA), asam docosahexaenoic (DHA ) dan asam arakidonat (AA).

Mineral: Spirulina kaya mineral yang dibutuhkan untuk aktivitas tubuh sehari-hari. Mineral ini adalah kalsium, potasium, seng, magnesium, mangan, selenium, besi dan fosfor. Mereka membantu metabolisme, menjaga keseimbangan air dan memperbaiki kesehatan tulang. Kandungan kalsium, fosfor dan magnesiumnya mirip dengan susu.

Karbohidrat: Spirulina hanya memiliki 15% sampai 20% kandungan karbohidrat. Ini juga mengandung 18 asam amino yang berbeda.

Sumber : Walatra Spirulina Platensis

Manfaat Spirulina Untuk Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *